10 Cara Memuliakan Orang Tua Menurut Islam

10 Cara Memuliakan Orang Tua Menurut Islam - Di antara kita semua pasti memiliki orangtua atau kini sudah menjadi serta mengalami menjadi orangtua ya sahabat, menjadi orang tua itu bukan hal yang gampang, perlu begitu banyak kesabaran serta pengorbanan baik saat mempunyai anak yang masih kecil, anak yang dewasa, sampai anak yang telah menikah, semua mempunyai ujian sendiri serta kebaikan di dalamnya. 
Cara Memuliakan Orang Tua
Itu penyebabnya wajib untuk melakukan cara menghargai orangtua sahabat, di mana hal tersebut dapat menjadi jalan untuk ke surga, yaitu memuliakan orangtua kandung dengan kasih sayang serta perbuatan sehingga memberi kesenangan pada orang tua. Nah sahabat, untuk langkah melakukannya islam telah menyarankan dengan cara berikut, 10 Cara Memuliakan Orang Tua Menurut Islam. 

1. Memberikan Kehidupan yang Layak 
Al-Baqarah ayat 215. “Mereka menanyakan padamu mengenai apa yang mereka infakkan. Jawablah, “Harta yang kamu nafkahkan hendaklah dikasihkan pada ibu bapakmu, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin serta orang-orang yang tengah dalam perjalanan. Dan apa saja kebajikan yang kamu lakukan sebenarnya Allah maha mengetahui” 

Saat kita semua kecil dahulu, pasti semua keperluan dijamin oleh orangtua ya sahabat, tidak sedikit harta yang dikeluarkan orangtua kita dan perasaan capek yang tiada tara, jasanya tidak terukur dengan apa pun, karenanya bila kita sudah mempunyai rejeki yang lebih, wajib untuk berbagi pada orang tua serta memberikan kehidupan yang layak dan menafkahi orangtua setelah menikah. 

2. Bertutur Kata yang Baik 
“Hendaklah kamu melakukan perbuatan baik pada ibumu lalu ibumu satu kali lagi ibumu lalu bapakmu lalu orang yang terdekat serta yang terdekat” [Abu Dawud No. 5139]. Meskipun kita mempunyai karakter gampang emosi dll yang kurang baik, hal itu sama sekali tidak bisa diaplikasikan pada orang tua ya sahabat, untuk orangtua, wajib untuk bersikap baik sikap ataupun tindakan menjadi etika bicara dalam islam. 

3. Mendoakan 
“Robbirhamhuma kamaa rabbayaani shagiiro” (Wahai Rabb-ku kasihanilah mereka kedua-duanya, seperti mereka berdua sudah mendidik saya diwaktu kecil). [Al-Isra : 24]. Jelas jika doa anak bisa menjadi kebahagiaan untuk orang tuanya ya sahabat, karenanya kita wajib untuk selalu mendoakan kebaikan untuk orangtua sesuai dengan dalil berbakti pada orangtua. 

4. Membuat Orang Tua Bangga 
“Apakah ada satu kebaikan yang perlu saya lakukan pada ke-2 orang tuaku setelah meninggal dunia keduanya ?” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya, kamu shalat atas keduanya, kamu istighfar pada keduanya, kamu penuhi janji keduanya, kamu bersilahturahmi pada orang yang pernah ia pernah bersilahturahmi padanya serta memuliakan teman-temannya” [Bahajtun Nazhirin Syarah Riyadush Shalihin Juz I hal.413 hadits No. 343] 

5. Melakukan Kebiasaan Baik Orang Tua 
“Sesungguhnya termasuk kebaikan seorang ialah menyambung tali silaturrahmi pada teman-teman bapaknya setelah bapaknya meninggal” [Hadits Kisah Muslim No. 12, 13, 2552] 

6. Melakukan perbuatan Baik pada Orang Terdekat Orang Tua 
“Sesungguhnya termasuk kebaikan seorang ialah menyambung tali silaturrahmi pada teman-teman ayahnya” [Hadits Riwayat Muslim 2552 (13)] 

7. Merawat saat Umur Orang Tua Renta 
Dari Abu Hurairah, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda: “Celaka, satu kali lagi celaka, serta satu kali lagi celaka orang yang mendapatkan ke-2 orang tuanya berumur lanjut, salah satunya atau kedua-duanya, tapi (dengan itu) ia tidak masuk syurga.” [Hadits Riwayat Muslim 2551, Ahmad 2:254, 346]. Tentu menjaga orangtua itu harus ya sahabat, karena waktu kecil kita pun tidak bisa apa apa bila tidak dirawat orangtua. 

8. Tidak Boleh Mencela 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Termasuk dosa besar adalah seorang mencemooh ke-2 orang tuanya dengan cara ia mencemooh bapaknya orang lain, maka orang itu balas mencemooh bapaknya. Ia mencemooh ibu seseorang, maka orang itu balas mencemooh ibunya.” (Muttafaqun ‘alaihi). 

9. Melakukan Apa yang di Ridhoi Orang Tua 
Rasulullah saw bersabda : “Ridha Allah ada pada ridha orangtua, serta murka Allah ada pada murka orangtua.” (HR Tirmidzi dan Al Hakim). Tentu melakukan hal yang disenangi orangtua selama itu baik ialah jalan pahala ya sahabat, karena bisa jadi kebanggaan untuk orangtua. Tentu apa yang dikerjakan itu yang masih dalam jalan islam ya sahabat, atau masih berada dalam jalan islam yang benar. 

10. Menjadikan Orang Tua Menjadi Prioritas 
Muawiyah bin Jahimah mendatangi Rasulullah SAW,” Wahai Rasulullah, saya hendak berperang, saya meminta pendapat engkau”. Rasulullah SAW menjawab. Apa engkau memiliki Ibu?” Jawabnya, “ Ya”. Lantas Rasulullah SAW bersabda. “Berbuat baik padanya. Sebenarnya surga itu ada dibawah ke-2 kakinya”. (HR Ath- Thabrani).

0 komentar