Jalankan trik penting di bawah ini supaya kamu bisa qurban Idul Adha setiap tahun.

Hari raya Idul Adha sebentar lagi datang, apakah kamu berkurban tahun ini? Jalankan trik penting di bawah ini supaya kamu bisa qurban Idul Adha setiap tahun.


Dalam hitungan hari, Idul Adha akan datang. Bagi masyarakat muslim, hari raya Idul Adha merupakan hari raya yang sama pentingnya dengan hari raya Idul Fitri. Di beberapa belahan dunia seperti kawasan jazirah Arab, perayaan Idul Adha biasanya malah lebih meriah dibandingkan perayaan IduL Fitri.

Nah, pada hari raya Idul Adha yang juga dikenal dengan Idul Qurban itu, umat Islam berkumpul di pagi hari melakukan sholat Id bersama-sama. Setelah sholat, umat Islam disunnahkan untuk menyembelih hewan kurban sebagai peringatan peristiwa Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS ribuan tahun silam. Qurban Idul Adha termasuk amal utama yang disarankan untuk dilakukan oleh orang Islam.
Berbahagialah bila kamu tahun ini mampu melakukan qurban Idul Adha. Qurban Idul Adha pada dasarnya membutuhkan beberapa hal utama, yaitu niat beribadah, sejumlah uang untuk membeli hewan qurban Idul Adha antara lain kambing, domba, sapi atau unta. Di Indonesia, hewan kurban yang umum adalah domba, kambing dan sapi.

Harga hewan qurban Idul Adha

qurban idul adha
(source: bintang.com)
Harga hewan kurban bervariasi tergantung jenis dan ukuran. Untuk kambing misalnya, di daerah sekitar Jabodetabek harganya berkisar Rp 3,5 juta ke atas untuk ukuran kambing yang cukup besar. Domba juga sekitar itu, bisa mencapai Rp 4 juta untuk domba berukuran besar. Sedangkan sapi, harganya saat ini mulai Rp 20 juta. Untuk sapi ukuran cukup besar harganya bisa mencapai Rp 30-an juta ke atas.
Qurban Idul Adha berupa hewan domba atau kambing hanya bisa dilakukan perorangan. Sedangkan kurban sapi bisa dilakukan secara patungan sebanyak 7 orang. Jadi, bila kamu ingin berkurban sapi seharga Rp 30 juta, kamu bisa patungan sebanyak 7 orang masing-masing sebesar Rp 4.3 juta. Harga hewan qurban Idul Adha bisa lebih murah bila di luar Jabodetabek.
Artinya, mengeluarkan dana untuk berkurban di hari raya Idul Adha, sebenarnya bukan hal yang berat selama ada niat dan usaha. Harga hewan kurban ternyata masih lebih mahal harga gadget, bukan? Gadget seperti ponsel pintar dan laptop canggih harganya sudah di atas Rp 5 juta bahkan belasan juta rupiah. Jadi, apakah kamu sudah siap melakukan qurban Idul Adha tahun ini?
Nah, bila ternyata tahun ini kamu belum mampu melakukan qurban, cobalah untuk melihat apa kira-kira penyebabnya. Jangan-jangan penyebabnya adalah karena kamu sekadar kurang mempersiapkan dana pembelian qurban. Pembelian hewan qurban termasuk dalam anggaran pengeluaran tahunan. Jadi, akan lebih baik bila persiapannya sudah kamu lakukan dari jauh-jauh hari.
Berikut ini beberapa langkah penting agar kamu bisa melakukan qurban Idul Adha setiap tahun:

Miliki niat

Hal utama yang perlu kamu siapkan adalah niat. Niat yang kuat berarti sudah separo jalan menuju keberhasilan sebuah target. Niatkan untuk bisa melakukan qurban Idul Adha tahun depan sebagai bentuk ketaatan kamu dalam beragama juga sebagai salah satu cara kamu menyebar kebaikan. Bagaimanapun, orang yang menerima daging kurban dari kamu tentu akan berbahagia.

Mulailah membuat target dan hitungan

Apa target qurban Idul Adha kamu tahun depan? Bila kamu berniat kurban kambing atau domba, maka kamu perlu menyiapkan dana pembeliannya jauh-jauh hari supaya tidak mengganggu arus kas bulanan.
Nah, asumsikan saat ini harga kambing Rp 3,5 juta per ekor. Bila menghitung inflasi, anggaplah tahun depan, harga kambing dengan spesifikasi yang sama menjadi RP 3,8 juta. Dengan target dana sebesar itu, kamu bisa memulai langkah pengumpulan dana dari jauh-jauh hari.
Ada beberapa pilihan cara mengumpulkan dana qurban Idul Adha:

1. Menabung

Target dana Rp 3,8 juta maka kamu perlu menyisihkan uang senilai Rp 316.666 per bulan. Kamu bisa menabung seperti biasa dengan menyisihkan sebesar itu setiap kali mendapatkan penghasilan. Uang tabungan untuk keperluan kurban itu bisa kamu tempatkan di tabungan biasa di bank atau tabungan rencana dengan jangka waktu penguncian dana 12 bulan.

2. Berinvestasi

Mengumpulkan dana untuk qurban Idul Adha juga bisa kamu lakukan melalui investasi di reksadana. Karena tujuan pemakaian dana terbilang pendek yaitu setahun, kamu bisa memilih reksadana pasar uang yang selaras dengan tingkat risiko. Saat ini imbal hasil reksadana pasar uang rata-rata di atas 6% per tahun. Dengan asumsi menabung uang di reksadana pasar uang berimbal hasil 6% per tahun, kamu cukup menyisihkan uang sebesar Rp 306.520 per bulan.

3. Memilih qurban patungan



Cara mudah agar tetap bisa berkurban saat perayaan hari raya Idul Adha adalah dengan memilih kurban sapi patungan. Sesuai aturan, bila kamu hendak berkurban sapi, kamu bisa membelinya beramai-ramai atau patungan sebanyak 7 orang. Anggaplah harga sapi saat ini Rp 25 juta untuk ukuran sedang. Dengan menimbang inflasi, kita asumsikan harga sapi tahun depan untuk spesifikasi serupa naik menjadi Rp 28 juta. Maka, besar nilai patungan per orang kurang lebih Rp 4 juta. Untuk mengumpulkan kebutuhan dana patungan tersebut, kamu bisa mulai menyiapkannya setahun sebelumnya. Caranya sama, bisa dengan menabung biasa di tabungan bank atau berinvestasi di produk pasar saham. Dengan persiapan yang lebih awal, kebutuhan dana untuk pembelian hewan qurban Idul Adha bisa lebih aman. Ketika tiba hari perayaan, pengeluaran kebutuhan untuk qurban Idul Adha tidak perlu sampai mengganggu arus kas harian atau bulanan. Ibadah lancar, kantong aman.

0 komentar