10 Keutamaan Orang Mencari Ilmu

10 Keutamaan Orang Mencari Ilmu - MENCARI ilmu adalah keharusan setiap manusia. Tanpa ilmu kita tidak dapat menjalani hidup ini dengan baik. Orang yang tidak mempunyai ilmu biasanya akan di manfaatkan oleh orang lain. Bahkan juga, orang yang tidak berilmu itu akan dibodohi oleh orang lain. Oleh karenanya, kita menjadi manusia yang diberi akal serta pikiran carilah ilmu untuk keberlangsungan hidup yang lebih baik. 
Keutamaan Orang Mencari Ilmu

Ilmu mempunyai banyak keutamaan, antara lain: 

1. Ilmu ialah amalan yang tidak terputus pahalanya seperti dalam hadits: ”jika manusia meninggal maka terputuslah amalnya, terkecuali tiga masalah: shodaqoh jariahnya, ilmu yang berguna serta anak yang sholeh yang mendoakan ke-2 orang tuanya,” (HR Bukhori dan Muslim) 

2. Menjadi saksi terhadap kebenaran sebagaimana dalam firman Allah SWT: (Allah menyatakan sebenarnya tidak ada ilah yang memiliki hak disembah terkecuali dia. Yang menegakkan keadilan. para malaikat serta orang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu,). (QS. Ali Imran 18) 

3. Allah memerintahkan pada nabinya Muhammad SAW untuk meminta ditambahkan ilmu seperti dalam firman Allah, (… dan katakanlah: Ya Rabb ku, tambahkanlah kepadaku ilmu) (QS.Thahaa 114) 

4. Allah mengangkat derajat orang yang berilmu. Seperti firman Allah, (… Allah mengangkat orang beriman serta mempunyai ilmu di antara kalian beberapa derajat serta Allah mengetahui apa yang kamu lakukan). (QS. Mujadilah 11) 

5. Orang berilmu ialah orang yang takut Allah SWT, seperti dalam firmannya: (…. sebenarnya yang takut pada Allah di antara hambanya hanya orang-orang yang berilmu). (QS. Fathir 25). 

6. Ilmu ialah anugerah Allah yang besar sekali, seperti firman-Nya: (Allah menganugerahkan al-hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al-Quran dan As-Sunnah) pada siapa yang dikehendaki-Nya. Serta barangsiapa yang dianugerahi hikmah, dia betul-betul sudah dianugerahi rahmat yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakal-lah yang bisa mengambil pelajaran (dari firman Allah)). ( QS. Al-Baqarah 269) 

7. Ilmu adalah sinyal kebaikan Allah pada seseorang ”Barang siapa yang Allah menghendaki kebaikan kepadanya, maka Allah akan membuat ia memahami dalam agama,” (HR Bukhari serta Muslim). 

8. Menuntut ilmu adalah jalan menuju surga, ”Barang siapa yang meniti suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu maka Allah akan mempermudah baginya jalan menuju surga,” (HR Muslim) 

9. Diperbolehkannya ”hasad” pada ahli ilmu,”Tidak hasad terkecuali dalam dua hal, yakni pada orang yang Allah berikan harta serta dia menggunakannya dalam kebenaran dan orang yang Allah berikan hikmah lantas dia mengamalkannya serta mengajarkannya,” (HR Bukhari ) 

10. Malaikat akan membentangkan sayap pada penuntut ilmu,”Sesungguhnya para malaikat benar-benar membentangkan sayapnya karena ridho atas apa yang dicarinya,” (HR. Ahmad dan Ibnu majah)

Komentar