Komunitas Lampung NgoPi Dirikan Taman Baca di Pelosok Tanggamus

Komunitas baca Lampung NgoPi (Ngobrol dan Berpikir) menghelat program Mengabdi Untuk Negeri. Acara yang memiliki tematik berkenaan dengan dunia pendidikan itu, dibuka oleh Ketua Ikatan Alumni (IKA) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Tanggamus, Azuwansyah, dan dihadiri oleh 40 tamu undangan yang terdiri dari aparat pekon, tokoh masyarakat, tokoh agama serta guru yang berada di Pekon Banjar Negeri, Cukuh Balak, Tanggamus.
Komunitas baca Lampung NgoPi

Azuwansyah yang juga merupakan salah satu pembina Lampung NgoPi, Seini (7/1/2019) mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan terobosan baik yang dilakukan oleh pemuda dan mahasiswa dari berbagai daerah.

"Jarang mahasiswa dan pemuda mau melakukan kegiatan sosial yang dalam pandangan kebanyakan orang tidak menguntungkan bagi pribadinya. Namun Lampung NgoPi yang telah berdiri sejak tahun 2016 ini, mau dan mampu mendirikan taman baca di daerah yang secara geografis terletak di antara lembah dan gunung ini," ujar Azuwansyah di Balai Desa Banjar Negeri, Cukuh Balak.

Sementara itu, Kepala Pekon Banjar Negeri, Abdul Rahman mengucapkan terimakasih atas perhatian yang diberikan oleh Komunitas Lampung NgoPi terhadap desanya. Ia mengatakan, dirinya dan masyarakat akan turut serta mensukseskan kegiatan yang berlangsung sejak 7 hingga 17 Januari 2019 ini.

"Mudah-mudahan perpustakaan atau taman baca di desa ini bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menjadi pemantik bagi daerah lain guna melakukan upaya serupa dalam memperbaiki generasi bangsa," tutur Rahman.

Ketua Lampung NgoPi, Reza Fahlevi mengucapkan terimakasih bagi pihak-pihak yang turut serta mensukseskan acara ini.

"Dari donasi masyarakat, kami berhasil mengumpulkan 1.000 lebih buku, setelah disortir, ada 736 buku yang dapat dipakai dalam pendirian Taman Baca Ruang Ngopi ini," paparnya.

Komentar