Masjid An-Nubuwwah, Masjid Terbesar Di Provinsi Lampung

Masjid An-Nubuwwah di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fatah, Dusun Muhajirun, Desa Negara Ratu, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, yang disebut masjid paling besar di Lampung, Jumat (4/5/2018) malam diresmikan. 
Masjid An-Nubuwwah

"Sekarang ini, tentu saja jadi momen yang begitu bersejarah buat Warga Lampung Selatan utamanya, mengingat Masjid An-Nubuwwah ini sudah selesai dibuat serta kita dapat melihat bangunannya cukup representatif," kata Plt. Asisten Ekonomi serta Pembangunan Taufik Hidayat Taufik, waktu peresmian masjid itu. 

Menurut Taufik, proses pembangunan masjid atau rumah ibadah ini memerlukan perjuangan. "Alhamdulillah beberapa rintangan bisa terselesaikan karena usaha keras serta kerja sama dan semangat yang mengagumkan dari beberapa pengurus masjid ataupun panitia pelaksana pembangunannya,” katanya. 

Masjid ini terbesar di Propinsi Lampung dengan luas bangunan 3.526 mtr. persegi berdiri diatas area seluas 8.632 mtr. persegi. Masjid ini dapat menampung 6.000 jemaah serta mempunyai beberapa sarana perpustakaan multimedia online, aula telekonferensi, studio radio serta tv Islam. 

Selain itu, disiapkan poliklinik masyarakat, kantor Baitul Mal Wat Tamwil (BMT), dan Zakat, Infak, serta Sedekah (ZIS). Taufik menyatakan peranan agama begitu penting dalam proses pembangunan daerah serta pembinaan kerukunan hidup. 

Dua hal ini sama-sama terkait untuk kebutuhan pembangunan daerah yang berkelanjutan. "Pembangunan bidang agama menjadi sisi pembangunan daerah, merupakan sikap perduli pemerintah bersama dengan masyarakat pada pembangunan segi spiritual," katanya. 
Masjid An-Nubuwwah

Urgensi pembangunan mental spiritual ini, lanjut Taufik, karena bangsa Indonesia dikenal menjadi bangsa yang masyarakatnya religius, menempatkan nilai-nilai Ketuhanan paling utama dalam kehidupan berbangsa serta bernegara. “Hal itu, tertuang dalam Dasar Negara kita Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945 yang diformulasikan dalam kalimat Ketuhanan Yang Maha Esa," katanya. 

Karena itu, letak peranan positif agama pada hal ini yakni adalah faktor utama dalam membuat kepribadian manusia. Bahkan juga manusia sebagai mahluk sosial belum menjadi manusia sepenuhnya tanpa agama. 

"Dalam rencana mendukung tercapainya tujuan itu, lewat masjid diharapkan warga makin terpacu untuk selalu melaksanakan ibadah serta tingkatkan kualitas iman serta taqwanya pada Allah SWT," katanya.

0 komentar